Image

Profil

Profil SKPD

Dengan mengacu keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 0103/1981, tanggal 11 Maret 1981 tentang jenis - jwnis perpustakaan, maka dirintislah perpustakaan umum yang menempati ruangan di Kantor Kecamatan Mojosari jl. Hayam Wuruk - Mojosari. Keberadaan Perpustakaan Umum pada waktu itu hanya menjadi bagian dari salah satu lembaga yang ada.

Pada tahun 1996, dengan terbitnya Perda Dati II Kabupaten Mojokerto nomor 17 tahun 1996, gedung Perpustakaan Umum  berdiri di tengah Pasar Tradisional Mojosari. Keberadaan Perpustakaan ini benar-benar unik dan menarik karena keberadaannya yang ada di tengah pasar.

Seiring lahirnya Perpustakaan Umum ini, maka Perpustakaan Kelilingpun dikenalkan kepada masyarakat.

Pada saat itu juga dirasa penting adanya Perpustakaan Dinas yang berkedudukan dalam lingkup Kesekretariatan Pemerintah Dati II Kabupaten Mojokerto, yang pemakainya sebatas karyawan/karyawati, sehingga dibentuklah layanan Perpustakaan dinas yang menempati salah satu ruangan di Bagian Humas.

Pada tahun 2003, sebuah prestasi menoreh Kabupaten Mojokerto, dimana pada awal bulan Mei 2003, Kabupaten Mojokerto mendapat sebuah proyek perpustakaan percontohan dari Propinsi Tingkat I Jawa Timur, yang selanjutnya disebut dengan Perpustakaan Umum Sooko.

Dengan adanya Perpustakaan Umum Sooko yang berada di naungan Dinas Informasi, Arsip dan Dokumentasi, maka Perpustakaan Dinas yang ada di Lingkup kantor Kabupaten dijadikan satu layanan dengan Perpustakaan Umum Sooko.

Untuk memenuhi Amanat PP 41 tahun 2007, maka sejak tahun 2009 Perpustakaan Umum berdiri menjadi Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi dengan dua layanan perpustakaan jabon dan layanan Perpustakaan Mojosari, serta Layanan Arsip dan Dokumentasi di Depo Arsip Sooko